Manfaat Sarapan untuk Anak

Manfaat sarapan untuk anak
via pediatrico[dot]roma.it

"Eating is about quality not quantity," tanpa banyak kata, ungkapan tersebut ada banyak benarnya. Dan para ahli mengamini ungkapan tersebut. Ahli kesehatan bahkan mengatakan "eat breakfast like a king." Karena dengan mengkonsumsi makanan berkualitas, dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat dan vitamin serta mineral, akan membuat seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

Jadi, memilih makanan yang tepat untuk dimakan jauh lebih penting daripada mengkonsumsi banyak makanan tetapi tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh.

Sarapan merupakan kegiatan makan yang paling penting yang kita lakukan sepanjang hari, lebih penting dibandingkan dengan makan siang atau makan malam sekalipun.

Oleh sebab itu, ketika sarapan kita diharuskan untuk menyediakan makanan bernutrisi lengkap mulai dari protein, serat, kalsium, dan karbohidrat.

Bagi anak, manfaat sarapan sangat banyak. Terutama untuk membantu tumbuh--kembang dan kecerdasan mereka. Bagi anak-anak yang sudah menginjak usia sekolah, sarapan bahkan menjadi lebih penting lagi, yaitu untuk membantu mereka menghadapi kegiatan di sekolah.


Manfaat sarapan untuk anak


Jika Anda ingin anak-anak berhasil di sekolah, lebih berprestasi, lebih bisa berkonsentrasi, dan lebih mudah menyerap pelajaran, jangan lupa untuk memberi sarapan berkualitas di pagi hari sebelum berangkat sekolah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan oleh anak jika secara rutin mengkonsumsi sarapan (berkualitas).


Anak-anak lebih berprestasi


Anak berprestasi
via novakdjokovicfoundation[dot]org

Anak-anak yang sarapan akan mendapatkan peningkatan kinerja kognitif, lebih mampu menyelesaikan sebuah tes dengan hasil yang baik, dan berprestasi.

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal "Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine," siswa yang aktif sarapan cenderung memiliki nilai lebih baik di bidang matematika dibandingkan dengan anak-anak yang jarang sarapan.


Anak-anak jadi lebih sehat


Anak sehat
via activeforlife[dot]com

Anak-anak yang rutin sarapan memiliki tubuh yang lebih sehat dan imun tubuh yang lebih kuat sehingga mereka lebih berprestasi di sekolah karena selalu hadir dan jarang terlambat karena sakit.

Karena apabila anak-anak sehat, anak-anak akan terus bisa mengikuti pelajaran, bisa berkonsentrasi dengan lebih baik, dan bisa memaksimalkan kemampuan otak mereka.


Anak-anak lebih berkonsentrasi


Konsenterasi anak
via teensafe[dot]com

Jika tidak sarapan, anak-anak cenderung lapar saat berada di sekolah. Lapar adalah salah satu yang bisa membuat konsentrasi anak-anak menjadi buyar.

Anak yang mengkonsumsi makanan seimbang saat sarapan memiliki konsentrasi yang lebih baik, reaksi yang lebih positif, dan hasil yang lebih baik saat diberikan tugas-tugas sulit.

Jenis sarapan yang sebaiknya diberikan kepada anak untuk meningkatkan konsentrasi diantaranya adalah sarapan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum atau beras merah dan makanan yang rendah glikemik.

Menurut penelitian, sarapan rendah glikemik bisa membantu mempertahankan perhatian anak lebih lama dibandingkan dengan anak-anak yang diberi sarapan tinggi glikemiks. Selain itu, sarapan rendah glikemik juga bisa meningkatkan kemampuan memori (mengingat) dan bisa mengurangi tingkat frustasi anak-anak ketika mengerjakan tugas di sekolah.

Bentuk sarapan tersebut adalah: oatmeal dengan kenari, atau telur orak-arik dengan bayam, paprika, serta keju.


Berat badan lebih terkontrol


Berat badan ideal anak
via cdn[dot]inquisitr[dot]com

Mengkonsumsi sarapan secara teratur akan membuat anak bisa mempertahankan berat badan ideal mereka. Karena anak-anak yang tidak sarapan di pagi hari cenderung makan berlebihan pada siang hari.


Memiliki energi yang lebih besar


Anak aktive
via squareboxfitness[dot]com

Sarapan, walaupun bukan dari makanan berkualitas, misalnya hanya diberikan karbohidrat saja (nasi goreng), ternyata bisa membuat energi anak meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

Energi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung aktivitas anak yang selalu bergerak. Sehingga, anak-anak yang sarapan cenderung lebih aktif dan lebih kuat.

Itu jika anak diberikan sarapan yang kurang berkualitas. Sebaliknya, jika diberikan sarapan berkualitas yang mengandung protein lemak dan karbohidrat, efeknya akan lebih baik. Sarapan tersebut akan mampu menjaga kadar gula darah anak tetap stabil selama berjam-jam.

Sarapan dengan menggunakan gandum atau beras merah, selai kacang, sepotong buah, sereal, susu, dan segelas jus buah 100% adalah yang terbaik. Akan tetapi jika Anda kesulitan memenuhinya, Anda bisa memenuhi kebutuhan sarapan sehat anak dengan membuatkan mereka telur dadar dengan keju, sayur brokoli, dan daging ayam (kalkun).

Itulah beberapa manfaat sarapan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain manfaat di atas, tentu saja masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh anak-anak ketika sarapan. Dan sarapan tidak hanya penting bagi anak-anak melainkan juga orang dewasa.

No comments