Pentingnya Memberikan Anak Sarapan Sehat

Anak sarapan
via joybauer[dot]com

Banyak orang meremehkan betapa pentingnya sarapan. Tidak sedikit orang tua yang memberikan contoh buruk kepada anak-anak mereka dalam hal sarapan. Misalnya, ada orang tua yang memulai harinya dengan sarapan nasi goreng tanpa tambahan sayur atau lauk-pauk sebagai sumber vitamin dan mineral. Bahkan yang lebih parah, banyak juga orang tua yang mencontohkan anak-anak mereka sarapan hanya dengan secangkir kopi dan gorengan.

Oleh ahli, sarapan dianggap lebih penting dibandingkan dengan makan siang maupun makan malam. Oleh sebab itu, sarapan dengan makanan-makanan berkualitas sangat dianjurkan.

Terlebih, untuk anak-anak, mereka setidaknya harus mendapatkan sarapan yang bisa membantu tumbuh kembang mereka. Jika anak-anak sudah masuk sekolah, maka kebutuhan sarapan jauh lebih vital.


Dasar-dasar sarapan


Sarapan layaknya bahan bakar bagi kendaraan. Sedangkan bagi tubuh, sarapan adalah sumber energi yang akan mendukung tubuh mereka agar bisa tetap beraktivitas dan berkonsentrasi hingga makan siang menjelang.

Sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun ditemukan: Mereka membandingkan efisiensi mental dan fisik sepanjang hari sekelompok orang. Beberapa diantara mereka diberikan sarapan makanan bergizi. Sementara yang lainnya tidak diberikan sarapan.

Hasilnya, jika dibandingkan, yang tidak sarapan cenderung kurang efisien. Namun, setelah makan siang, produktivitas mereka meningkat, akan tetapi, Mmereka cenderung lebih lambat dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan dibandingkan dengan orang-orang yang sarapan.

Itulah gambaran perbedaan antara orang yang sarapan dengan orang yang tidak sarapan. Bagi anak-anak, tidak sarapan berarti akan membuat mereka:
  • mengalami pertumbuhan yang lambat.
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kekurangan energi
  • Sulit bertingkah laku baik
  • Kurang perhatian terhadap pelajaran
  • Cenderung mengalami obesitas
  • Kurang cerdas
  • Kesulitan menyelesaikan tugas
  • Kesulitan dalam melewati tes
Sarapan anak-anak harus seimbang mereka harus mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Selain itu, lemak baik, karbohidrat, dan protein juga dibutuhkan dalam sarapan.


Jenis sarapan yang baik untuk anak


Dalam memilih sarapan, bunda harus kreatif. Sarapan harus benar-benar berkualitas tidak hanya untuk menahan rasa lapar.

Pertama, jangan lupa memberikan segelas air putih atau jus jeruk. Jus buah 100% adalah yang terbaik.

Ini akan membantu meningkatkan nafsu makan anak. Jika Anda kesulitan untuk menyediakan jus, tidak mengapa untuk memberikan anak-anak air putih saja.

Ketika anak-anak kesulitan untuk mengkonsumsi banyak makanan di pagi hari (sarapan) Anda bisa memberikan makanan-makanan yang padat gizi. Seperti misalnya:
  • Telur
  • Brokoli
  • Bayam
  • Keju
  • Susu
  • Beras merah


Menu sarapan bergizi yang baik untuk anak


Di Indonesia, sumber karbohidrat kompleks yang paling mudah kita temukan di antaranya adalah jagung, kentang, dan beras merah, walaupun mungkin harganya sedikit mahal dibandingkan dengan beras biasa.

Namun bunda harus tahu bahwa, beras biasa (nasi) hanya menyediakan karbohidrat sederhana. Artinya, tidak mengandung banyak gizi, berupa vitamin dan mineral serta serat di dalamnya. Berbeda halnya dengan beras merah atau kentang yang banyak mengandung serat.

Walau demikian, sarapan terbaik adalah gandum atau makanan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum serta sereal, kemudian susu, dan yogurt. Jika tidak memungkinkan, maka sarapan dengan telur adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan hanya dengan memberikan anak nasi goreng saja.

Jenis susu yang diberikan kepada anak haruslah susu rendah lemak atau susu tanpa lemak.

Jika anak-anak tidak tertarik dengan menu makanan tersebut, orang tua harus tetap memberikan anak-anak sarapan dengan makanan yang menjadi favorit mereka. Sebisa mungkin hindarilah junkfood. Buah-buahan juga harus diberikan kepada anak, baik dalam bentuk jus atau dalam bentuk buah segar.

Yang paling penting, anak-anak harus memiliki energi untuk bertahan hingga siang hari. Salah satu sumber energi adalah karbohidrat. Memberikan anak-anak karbohidrat kompleks adalah yang paling utama. Namun apabila Anda kesulitan, Anda tetap bisa memberikan mereka karbohidrat dari nasi atau roti gandum.


Saran untuk serapan anak-anak setiap pagi


  • Sereal sehat adalah yang paling dianjurkan, terutama yang rendah gula. Ini bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat bagi mereka. Selain itu, susu skim yang rendah lemak bisa menjadi sumber pasokan kalsium dan protein.
  • Jika sangat terdesak, sarapan dengan buah-buahan, dan dengan tambahan sereal serta yogurt bisa menjadi opsi.
  • Namun yang paling penting, sarapan tidak hanya terbatas pada sereal atau makanan-makanan yang telah disebutkan di atas yang mungkin kesulitan Anda penuhi. Sarapan yang terdiri atas telur dadar, bayam atau brokoli, susu, dan buah atau jus buah bisa menjadi sarapan ideal bagi anak-anak Indonesia.


Jika anak-anak tidak sempat sarapan di rumah


Jika anak-anak tidak sempat sarapan, jangan lupa untuk membekali mereka makanan (sarapan) yang bisa mereka makan di mobil, atau sebelum masuk ke ruang kelas, atau yang bisa mereka makan ketika istirahat pertama.

No comments