Tips Parenting (Anak dengan Alergi Makanan)

Alergi makanan pada anak
via indoamerican-news[dot]com


Jika anak alergi makanan, Anda sebagai orang tua harus berhati-hati memberikan berbagai jenis makanan kepada buah hati, khususnya makanan kemasan atau makanan instan. Setiap makanan yang dapat menyebabkan alergi harus Anda ketahui.

Agar anak bisa terhindar dari alergi makanan, orang tua perlu menerapkan beberapa hal penting berikut ini .


Selalu baca label makanan sebelum diberikan kepada anak


Label makanan
via adrenalfatiguesolution[dot]com


Produsen makanan kemasan bisa mengubah bahan-bahan makanan yang mereka buat kapanpun tanpa pemberitahuan sehingga perlu diwaspadai. Kadang-kadang ada penambahan bahan-bahan tertentu yang mungkin dapat menyebabkan anak terserang alergi.

Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu membaca label makanan sebelum diberikan kepada anak.

Anda juga harus tetap waspada terhadap berbagai label yang tidak terdaftar yang biasanya terdiri atas penyedap, rempah-rempah, cuka, atau bumbu tertentu.


Tinggalkan makanan yang ada label peringatannya


Allergy warning
via wikihow[dot]com


Pada sebagian makanan, ada label peringatan yang menyarankan kita untuk menghindari makanan tersebut apabila memiliki alergi tertentu. Untuk hal ini, sebaiknya orangtua tidak mengambil resiko. Sebisa mungkin singkirkan makanan tersebut agar anak lebih aman.


Telepon ke produsen makanan


telpon produsen makanan
via wikihow[dot]com


Saat ini, produsen makanan biasanya sudah menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila konsumen punya pertanyaan tertentu seputar produk tersebut. Biasanya mereka menawarkan nomor bebas pulsa di kemasan makanan yang mereka buat.

Jangan ragu untuk menelpon agar Anda akan lebih yakin dengan kandungan dan bahan-bahan yang terdapat di dalam makanan tersebut.


Perhatikan kebutuhan gizi anak


Gizi anak
via nydailynews[dot]com


Jika anak-anak tidak bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka karena alergi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi di Puskesmas.

Mereka, para ahli gizi biasanya bisa membantu dan menentukan serta memantau status kesehatan anak Anda.

Anda dianjurkan untuk pergi ke ahli gizi atau dokter untuk meminta bantuan merencanakan makanan yang baik dan bergizi untuk anak. Selain itu, mintalah nasehat tentang makanan-makanan kemasan, serta beberapa nasehat yang baik seputar makanan-makanan pengganti.


Bekali diri Anda dengan nama-nama ilmiah dari bahan makanan


Nama ilmiah pada makanan
via lifewithgreens[dot]com


Kadang-kadang, di label makanan, dituliskan nama-nama bahan yang tidak kita kenal atau terdengar asing. Dalam hal ini, kita sebagai orang tua dianjurkan untuk belajar dan mengetahui nama lain dari bahan-bahan makanan.

Contohnya, jika kita membeli produk susu, biasanya pada label makanan ada istilah-istilah seperti: kasein, lactalbumin, atau whey, dll. Anda harus mengetahui apa saja maksud dari istilah-istilah tersebut.


Beritahukan teman dan keluarga


Beritahukan teman dan keluarga
via ghk.h-cdn[dot]co


Untuk menjaga anak agar tidak diberikan makanan-makanan penyebab alergi oleh orang lain, Anda harus aktif memberitahukan keluarga dan teman-teman bermainnya atau tetangga, bahwa anak Anda memiliki alergi makanan tertentu.

Sehingga, mereka tidak akan sembarangan memberikan anak Anda makanan yang dapat menyebabkan ia dalam bahaya.


Jangan hanya fokus pada makanan penyebab alergi


Waspada penyebab alergi
via cdn-maf3.heartyhosting[dot]com


Hidup bebas alergi tidak semudah yang kita bayangkan. Makanan-makanan tertentu penyebab alergi seperti susu, telur, kacang, atau yang lainnya, tentu akan sangat mudah untuk dihindari apabila masih dalam bentuk aslinya.

Namun apabila sudah berubah bentuk atau digunakan untuk mengolah makanan lain, tentu saja makanan-makanan penyebab alergi tersebut sulit terdeteksi.

Misalnya, jika anak alergi telur, kadang-kadang kue atau roti juga mengandung telur. Bahkan, tidak sedikit roti atau kue yang tidak memiliki label (ingredients). Sehingga, orang tua perlu berhati-hati dan memberikan perhatian lebih terhadap makanan yang akan dikonsumsi oleh anak.

Selain itu, ada kalanya kita menggunakan sendok, pisau, atau gelas untuk dimanfaatkan untuk mengolah dan mewadahi lebih dari satu jenis makanan. Misalnya, kita memanfaatkan pisau untuk mengolesi roti dengan selai kacang, dan kemudian memanfaatkan pisau tersebut untuk memotong makanan yang lain yang akan diberikan kepada anak.

Disinilah kita harus berhati-hati, karena pisau tersebut sudah terkontaminasi dengan selai kacang yang bisa berpindah ke makanan yang akan diberikan untuk anak yang alergi kacang.


Selalu siap dengan obat-obatan


Obat alergi untuk anak
via images-iherb[dot]com


Salah satu bentuk kewaspadaan adalah, menyediakan obat-obatan anti alergi yang diresepkan oleh dokter. Selalu bawa obat-obatan tersebut ke manapun Anda pergi bersama anak. Selain itu, selalu pastikan bahwa stock obat-obatan tidak habis di kotak obat.

No comments