Parenting Tips - Mengembangkan 7 Kebiasaan Baik Sebelum Anak Menginjak Remaja

Keluarga bahagia
via multiplemayhemmamma[dot]com


Setiap orang tua harus memiliki kesadaran bahwa anak-anak mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi seorang remaja dan kemudian dewasa. Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhannya, anak-anak akan terus berubah dari waktu ke waktu. Begitu juga dengan perlakuan, kebiasaan, dan pendidikan yang mereka dapatkan.

Berbicara tentang kebiasaan, setidaknya ada beberapa kebiasaan baik yang sebaiknya diterapkan pada anak sebelum mereka beranjak remaja. Karena kebiasaan-kebiasaan baik tersebut akan memiliki dampak positif pada saat anak dan keluarga sesudah mereka menginjak usia remaja.

Tips parenting berikut ini sebaiknya diterapkan sejak sebelum anak berusia 13 tahun.


Makan malam bersama


Makan bersama keluarga
via naplesherald[dot]com


Saat ini, semakin jarang kita temukan keluarga yang memiliki kesempatan untuk makan malam bersama di satu meja makan.

Tidak jarang kita menemukan keluarga yang mungkin bisa makan malam bersama. Namun sayangnya, anggota keluarga tersebut ada yang makan malam di meja makan, ada yang makan malam di depan TV, ada yang makan malam di kamarnya, atau di tempat lain. Sehingga makan malam tersebut tidak berkualitas atau kurang bermanfaat.

Padahal, waktu makan malam adalah salah satu momen terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan antar keluarga karena pada saat itu, biasanya anggota keluarga berkumpul di rumah.


Singkirkan ponsel pada saat di meja makan dan pada saat mengemudi


Jangan bawa ponsel ke meja makan
via globalwomenconnected[dot]com


Anak-anak remaja saat ini semakin lengket dengan gadget. Bahkan hampir sepanjang waktu mereka menatap layar smartphone. Hal ini memiliki banyak dampak negatif. Diantaranya adalah dapat menyebabkan mereka menjadi anak yang antisosial, kurang suka ngobrol, dan kurang ramah.

Saat makan bersama di meja makan, pastikan Anda memiliki peraturan agar semua anggota keluarga menyingkirkan gadget atau tidak boleh ada yang menggunakan gadget pada saat makan. Sehingga, pada jam makan, anak-anak dan orang tua akan aktif berbincang dan sharing.

Begitu juga saat berkendara. Sebisa mungkin, berilah contoh yang baik kepada anak untuk tidak menggunakan smartphone saat mengemudi, entah itu sepeda motor atau mobil.

Dan beritahukan anak bahwa mereka juga tidak boleh melakukan hal yang sama (menggunakan smartphone) ketika mereka remaja atau dewasa nanti.


Sisihkan waktu untuk ngobrol


Ngobrol dengan anak
via chapterscapistrano[dot]com


Saat ini semakin banyak orang tua yang kesulitan untuk mendapatkan waktu walaupun hanya sebentar dalam sehari untuk ngobrol-ngobrol ringan dengan anak mereka, terutama ketika anak mereka sudah tumbuh menjadi seorang remaja.

Sebenarnya, kebiasaan baik ini (berbicara) bisa dikembangkan sebelum mereka berusia remaja. Sehingga, ketika mereka sudah menginjak bangku SMP atau SMA misalnya, kebiasaan tersebut tetap bisa dilanjutkan.

Ada banyak manfaat meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak. Diantara manfaat yang bisa kita dapatkan adalah:
  • Kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh anak.
  • Kita bisa mengenal lebih jauh tentang karakter anak.
  • Anak menjadi lebih terbuka kepada orang tuanya.
  • Orang tua bisa mengikuti perkembangan anak sehingga rumah orang tua bisa bersikap dan mengambil pertimbangan yang tepat untuk perkembangan anak.


Biasakan melakukan kontak fisik


Kontak fisik dengan anak
via thebodyisnotanapology[dot]com


Membiasakan melakukan kontak fisik dengan anak, entah itu memeluknya, menggandengnya, atau membelai kepalanya sejak mereka anak-anak hingga remaja akan membuat perasaan canggung saat terjadi interaksi orangtua dengan anak menjadi berkurang.

Jika tidak dibiasakan sejak dini, anak-anak remaja biasanya akan merasa canggung ketika melakukan kontak fisik dengan orangtuanya sekalipun.


Ikuti perkembangan teknologi


Belajar teknologi
via creativesocialblog[dot]com


Teknologi terus berkembang dan berubah. Akibatnya, anak-anak sekarang kadang-kadang lebih pintar dibandingkan dengan orang tuanya dalam hal teknologi. Sehingga, banyak orang tua yang kecolongan karena tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi.

Akibatnya, banyak anak-anak yang tidak terkontrol dan kemudian menyimpang.

Oleh sebab itu, setiap orang tua harus mengembangkan kebiasaan baik untuk mengikuti perkembangan teknologi, terutama yang digunakan oleh anak-anak mereka agar mereka bisa memberikan kontrol dan pengawasan.


Biasakan untuk bersosialisasi dengan teman anak-anak


Berkumpul dengan teman anak
via mid-day[dot]com


Manfaat utama bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman anak adalah, Anda bisa mengetahui siapa saja temannya dan seperti apa teman-temannya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui lebih jauh dan lebih bisa untuk mengontrol dan mengawasi anak.

Sebelum terlambat, jika anak-anak bergaul dengan orang-orang yang terlihat tidak tepat (nakal), orang tua memiliki kesempatan untuk melindungi dan memberikan nasehat.


Cari hobi untuk berbagi


Hobi bersama
via allprodad[dot]com


Ada banyak hobi yang bisa dijadikan sebagai media untuk mempererat hubungan keluarga antara anak dan ortu. Menghabiskan waktu bersama, misalnya, jogging bersama-sama, berolahraga bersama-sama, atau membiasakan membaca bersama-sama akan sangat membatu dalam mempererat ikatan kekeluargaan.


Itulah beberapa tips parenting yang sebaiknya dibiasakan sebelum anak-anak berusia remaja. Karena kebiasaan-kebiasaan baik tersebut memiliki efek positif dalam memupuk cinta kasih, menjaga keutuhan dan kedekatan anggota keluarga, serta bermanfaat untuk mengontrol perkembangan anak.

No comments